Selasa, 21 Juni 2011

Komunikasi Internasional

Sastroputro komunikasi internasional merupakan bagian dari komunikasi massa yang secara umum memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
v     Komunikator (penyampai pesan), biasanya berupa lembaga yaitu suatu organisasi yang teratur dan memenuhi syarat-syarat tertentu seperti tujuan, struktur, norma dan legalitas tertentu. Organisasi tersebut bisa berupa negara, bisa pula non-negara (Non Governmental Organizations).
v     Pesannya bersifat umum, artinya terbuka untuk diketahui oleh siapapun yang berminat dan perhatian terhadapnya.
v     Penyebaran pesanya bersifat serentak, artinya dilakukan pada waktu yang bersamaan.
v     Komunikannya banyak orang.
v     Sarana yang digunakan adalah mediamassa, yaitu media yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan kepada banyak orang (massa).
v     Umpan baliknya tertunda (delayed feedback / indirect feedback) melalui suatu tenggang waktu.
v     Komunikasinya bersifat satu arah (one way traffic). Sekali lagi untuk komunikasi diplomatik tidak selalu demikian.
v     Bila digunakan sarana elektronik, maka penyebarannya bersifat selintas.
v     Komunikatornya bersifat selektif (memilih yang penting bagi dirinya).
Gerhard Maletzke menjelaskan Komunikasi internasional dan Komunikasi Antar Budaya:
}       Komunikasi internasional dimaksudkan sebagai komunikasi antar bangsa dan negara. Sedangkan Komunikasi antar budaya dimaksudkan sebagai komunikasi antar manusia yang berbeda kebudayaannya.
}        Komunikasi internasional dapat berbentuk diplomasi dan propaganda serta seringkali berhubungan dengan situasi Intercultural dan Interracial Communication.
}        Dalam komunikasi internasional, setiap interaksi dipengaruhi oleh kebijaksanaan, tujuan dan kepentingan serta keadaan ekonomi masing-masing negara. Sedangkan komunikasi antar budaya merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan antara masyarakat  yang berbeda kebudayaannya. Dengan demikian komunikasi antar budaya sebenarnya merupakan komunikasi yang biasa saja.v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar