Selasa, 21 Juni 2011

Media Relations

Dulu pada zaman Jerman  hanya terkenal press relations merupakan awal press yang dimana hubungan press hanya menjalin dengan media cetak. hal ini tidak mengherankan karena media cetak merupakan media massa pertama dalam peradaban manusia.
Media Cetak berkembang pada abad ke -16, sedangkan Media Penyiaran berkembang setelah umat manusia memasuki abad ke - 20. Karena itu media cetak menjadi begitu mengakar. Tradisi membaca dianggap lebik baik pada saat itu akan tetapi setelah mengalami perkembangan teknologi munculah yang dinamakan media online setelah media elektronika.
Media Relations begitu penting dalam kegiatan Public Relations ( PR ) karenamerupakan proses komunikasi kepada publik untuk menjalin relasi yang baik sehingga tercapai tujuan citra positif atau reputasi baik.
Tugas Media Relations Officer untuk memahami kebutuhan media tersebut dan berusaha untuk bisa memnuhi kebutuhan itu. Oleh sebab itu, seorang media relations perlu bisa memahami bagaimana cara media massa atau bagaimana media massa bekerja.
PRO / Public Relations Officer => untuk menyampaikan informais kepada khalayak.
MRO / Media Relations Officer => media yang melaksanakan fungsi layanan publik dan memberi informasi kepada khalayak / suatu organisasi.
Media Relations adalah Bagian dari Public Relations ( PR ) eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi.
Praktik Media Relations adalah :
=> Pengumpulan data.
=> Merumuskan permasalahan.
=> Perencanaan dan penyusunan program.
=> Menjalankan rencana itu melalui tindakan dan komunikasi.
=> Evaluasi.
Tahapan - tahapan Public Relations adalah
=> Analisa sikap dan relasi organisasi dengan lingkungannya.
=> Penentuan sikap tiap kelompok pada organisasi.
=> Analisa Opini.
=> Anilisa potensi masalah, kebutuhan atau peluang.
=> Perumusan kebijakan.
=> Rencana perbaikan sikap kelompok.
=> Pelaksanaan Kegiatan terencana.
=> Umpan Balik, Evaluasi dan penyesuaian.
Hubungan Fungsional Organisasi Dan Public Relations adalah :
v     Visi dan Misi Organisasi.
v     Visi dan Misi Divisi PR.
v     Tujuan Divisi PR.
v     Sasaran media relations, sasaran community relations, sarasan costumer relations dan sasaran employer relations.
Kriteria Media Relations adalah :
v     Komitmen adalah kesungguhan dari pihak yang terlibat dalam program untuk memberikan hasil yang terbaik.
v     Kejelasan adalah pesan yang hendak disampaikan itu jelas dan sederhana.
v     Konsistensi adalah maksud dan tujuan citra yang hendak dikembangkan.
v     Kreativitas adalah cara – cara yang kita kembangkan untuk menjalin hubungan dengan media, penyusunan pesan, kegiatan yang dijalankan dalam program tersebut dan seterusnya.v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar